Sabtu, 07 Februari 2009

Cat Flu



Flu pada kucing disebabkan oleh dua jenis virus yaitu Feline Herpes Virus - 1 yang dikenal dengan penyakit Rhinotracheitis serta Feline Calicivirus. Gejala utama yang sering muncul yaitu bersih-bersin dan pilek. Leleran yang keluar dari hidung awalnya bening ( serous ), namun lama-lama bisa berubah menjadi kehijauan (purulent ). Mata kemerahan karena ada peradangan konjungtiva ( conjunctivitis ).

Dalam kondisi seperti ini berikan antibiotik yang sesuai untuk mengendalikan infeksi sekundernya. Golongan tetrasiklin atau sefalosporin beserta derivatnya. Obat tetes mata ( antibiotika ) untuk mengatasi conjunctivitisnya. Obat golongan mucolitikum untuk mengatasi pilek dan bersinnya. Lebih baik lagi tambahkan imun booster untuk saluran nafas bagian atas ( misalnya : Imboost force ), serta multi vitamin untuk fitalitas tubuhnya.

Jika hidung masih banyak leleran biasanya kucing tidak mau makan, karena syaraf penciumannya terganggu. Maka berikan makanan dengan force feeding ( disuap). Saat sekarang telah tersedia Royal Canin Recovery yang sangat membantu proses persembuhan kucing saat sakit.

Tidak ada komentar: