Selasa, 02 Desember 2008

PROLAPSUS BULBUS OCULI




Si Kenny, tiba-tiba datang ke klinik diantar oleh 2 orang dalam keadaan panik. Bola mata sebelah kirinya keluar dan berdarah-darah. Sungguh kasihan dan mengerikan melihat kondisi Kenny. Menurut penuturan pemiliknya si Kenny tertabrak mobil.

Kondisi ini merupakan kondisi gawat darurat. Bola mata yang keluar dan berdarah harus segera dibersihkan dan dikembalikan ke ruang mata didalam kelopak matanya. Jika tidak maka akan mengancam fungsi penglihatan matanya. Hal ini sering terjadi pada anjing-anjing brachicephalic yaitu anjing dengan bentuk muka pesek. Pada anjing brachicephalic bola mata tidak tertampung sempurna dalam rongga mata pada tulang tengkoraknya, sehingga kondisi ini menjadikannya rawan terhadap trauma.

Bola mata harus segera di reposisi. Bola mata dibersihkan terlebih dahulu dengan larutan iodine encer secara hati-hati. Dengan bantuan jari-jari bola mata dimasukkan dengan terlebih dahulu menjepit kedua kelopak matanya. Kemudian berikan antibiotika topikal, dan jahit kelopak matanya.

Tidak ada komentar: