Senin, 01 Desember 2008

PYODERMA

Nerico, seekor anjing Shithzu datang lagi ke klinik setelah 4 hari yang lalu berobat. Pemiliknya sejak tadi pagi telpon dan mengeluh kenapa anjingnya tidak sembuh-sembuh. Nerico dinyatakan menderita pyoderma.

Ini adalah salah satu dari sekian banyak penyakit kulit. Kondisi ini karena adanya infeksi bakteri pada kulit, sehingga kulit jadi seperti melepuh, basah, kadang bernanah dan terasa gatal. Anjing lebih sering terkena penyakit ini, walau kucing juga kadang bisa terserang. Penderita tampak gatal-gatal, ditandai dengan menggigit-gigit kulitnya. Jika ini terjadi dan dibiarkan terus maka infeksinya akan semakin parah.

Infeksi ini bisa juga disertai infeksi jamur, parasit, alergi dan kelainan hormonal yang bisa memperparah penyakitnya. Pengobatannya memerlukan waktu yang agak lama, bisa 2 minggu sampai 4 minggu. Maka sebagai pemilik dan perawat penderita penyakit ini, kesabaran dan ketelatenan akan sangat mempengaruhi keberhasilan pengobatannya. Dengan antibiotika oral dan obat-obat topikal penyakit ini bisa diatasi. Pemberian ozon oil sebagai obat luar ( topikal ) selama ini cukup efektif.

Tidak ada komentar: