Sabtu, 07 Maret 2009

Congestive Heart Failure in Dogs




Awalnya saya pikir anjing pom yang datang ke klinik menderita bronchitis. Pemiliknya bahkan menyangka si Puma tenggorokannya tersangkut tulang. Batuknya sangat khas yang selalu diakhiri dengan irama seperti mau muntah. Tapi tidak ada yang dimuntahkan. Saat di palpasi tenggorokannya tak ada masalah. Nafsu makan juga baik-baik saja. Temperatur tubuhnya juga normal. Jadi kemungkinan ada tulang yang nyangkut, bisa diabaikan.

Pada pemeriksaan foro rontgen tampaklah jantungnya membesar dengan bentuk yang bulat. Paru-paru oedema, kadang dipenuhi dengan cairan. Maka jelaslah kalau si Puma menderita Congestive Heart Failure ( CHF ), suatu gangguan jantung yang sering terjadi pada anjing terutama ras pomeranian.

Secara fisiologis ada 4 penyebab terjadinya CHF ini, yaitu :
1. Kegagalan otot jantung ( myocard ) . Ventrikel tidak mampu berkontraksi secara cukup kuat untuk memompa darah keluar. Kondisi ini bisa diakibatkan oleh keracunan obat, jumlah darah atau oksigen darah yang tidak mencukupi, atrium atau ventrikel mengalami dilatasi, infeksi, peradangan atau aritmia.
2. Volume darah yang berlebihan didalam jantung. Kondisi ini bisa karena robeknya klep jantung, kelp mengalami degenerasi, peradangan pada klep jantung, anemia kronis atau karena racun.
3. Tekanan darah yang tinggi. Kondisi ini bisa juga disebabkan oleh cacing jantung.
4. Menurunnya kemampuan kerja ventrikel, bisa diakibatkan oleh penyakit jantung, adanya cairan berlebih pada selaput jantung.

Gejala yang sering muncul adalah batuk yang khas terutama saat pagi atau malam hari akibat adanya penumpukan cairan pada paru-paru, kesulitan bernafas & mudah lelah ( Left-Sided Heart Failure ). Pembesaran hati & limpa, ascites, hydrothorax dan penumpukan cairan dibeberapa bagian sub cutan.

Pengobatan yang dilakukan adalah dengan mengupayakan agar penumpukan cairan segera diatasi dengan diuretika ( furosemid = Lasix ), menurunkan tekanan darah dengan obat ACE inhibitor ( enalapril ), memperbaiki jalan nafas ( bronchodilator : aminophillin ) serta memperbaiki performance jantung dengan Beta Blocker ( Atenolol, Bisoprolol ).

4 komentar:

Lagxen mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Lagxen mengatakan...

anjing saya juga menderita gejala yang persis seperti dokter katakan di artikel ini..

apa yang sebaiknya saya lakukan ketika gejala itu terjadi lagi? biasanya saya elus2 bagian tenggorokan sampai dadanya

apakah penyakit tersebut mematikan atau memperpendek umur dia?

terima kasih dokter

farahcinta mengatakan...

saya mau tanyak.
anjing saya pom umur 7bln belum haid.
biasanya anjing umur berapa mulai haid?????
apa bahaya anjing 7bln belum haid???
mintak solusinya ya.
...thx sebelumnya. . .

Vivi Grace Natalia Brans mengatakan...

Dokter, saya mau tanya pengobatan ataupun maintenance untuk anjing yg kena ascites bagaimana ? anjing saya sudah disedot cairannya namun muncul merah agak besar di area perut bawah dekat penis seperti darah beku.

Mohon balasannya,

terima kasih Dokter