Rabu, 25 Maret 2009

URINARY CALCULI IN DOGS



Aldo
, seekor anjing mini pom jantan datang dengan keluhan tidak mau makan selama 4 hari. Kadang muntah.Tampak kesulitan BAB, dan keluarnya juga sedikit. Urinasi tidak terkontrol dan tidak lancar. Pemilik menduga hal ini karena faktor usia Aldo yang sudah mencapai 14 tahun. Pernah dibawa ke dokter dan diberi obat, akan tetapi kondisi Aldo tidak kunjung membaik.

Saat dilakukan pemeriksaan klinis, sebagian besar giginya sudah tanggal. Kondisi gigi yang ada juga dipenuhi dengan karang gigi. Pada palpasi abdomen, teraba ada benda keras agak besar didaerah dorsal. Dari pemeriksaan fisik ini Aldo dicurigai mengalami retensi urine. Tertahannya air kencing dalam kandung kemih karena adanya sumbatan dalam saluran kencingnya.

Hasil pemeriksaan X- Ray, tampak jelas kondisi Vesica Urinarianya ( VU ) membesar luar biasa, namun tidak tampak adanya batu dalam kadung kemih. Kristal-kristal kecil ( 3 buah ) tampak di daerah urethra dekat os penis. Pemeriksaan laboratorium menunjukkan adanya infeksi dengan kadar leucosit mencapai 31.000. Fungsi ginjal menurun, ditandai dengan peningkatan kadar ureum-creatinin. Ini terjadi karena desakan urine dari VU.

Tindakan yang harus segera dilakukan adalah mengevakuasi urine dari VU. Maka dilakukan kateterisasi saluran kencing. Urine catheter bisa masuk dengan lancar. Setelah kateter terpasang, urine disedot dengan spuite. Sebanyak 200 ml urine berhasi dikeluarkan lewat kateter. Terapi yang diberikan yaitu dengan pemberian antibiotika untuk mengatasi infeksinya. Infus dengan RD dan pemberian vitamin sebagai supportive theraphy.

Urine Catheter dan infus tetap diberikan selama paling tidak 1 minggu. Setiap 3 hari dilakukan pengecekan laboratorium terhadap fungsi ginjal dan hematologinya. Jika setelah seminggu fungsi ginjal normal dan nafsu makan pulih, maka urine catheter bisa dilepas, namun tetap dipantau apakah pasien bisa melakukan urinasi dengan lancar. Perlu diperhatikan makanan yang diberikan hendaknya yang rendah protein atau menggunakan makanan khusus siap saji ( misalnya Royal Canin Urinary ).

2 komentar:

Be-Green-With-Vege mengatakan...

dok, saya punya masalah dengan anjing golden saya.
dia susah buang air kecil hingga perut nya membesar... sudah diobatin sama dokter... kemarin perutnya membesar hingga mempengaruhi lambung dan hati.. beberapa hari lalu udah kempis perutnya.. tapi skrg membesar lagi... saya harus gimana yah dok??
** pernah dikeluarin pake selang sama dok tapi nggak mau keluar kayaknya pengaruh dari dalam... dia sebenarnya bisa kencing... cuma krn hobby minum jadi cepat membesar sedangkan pipisnya nggak sering. mohon bantuannya dok...

salam

Yenny < palembang >

indo biotech mengatakan...

PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

menyediakan catheter 8 untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro