Sabtu, 14 Maret 2009

Mast Cell Tumors in Dogs




Snoopy, seekor anjing betina campuran Golden Retriever dan Siberian Husky, tampak gelisah dan sering menjilati bagian perutnya yang benjol dan berdarah. Kondisi ini sudah berlangsung lebih dari 3 bulan. Benjolan semakin besar dan terus meneteskan darah. Snoopy tampak sangat tidak nyaman dengan kondisi ini. Snoopy terserang tumor mast cell.

Tumor ini sangat sering menyerang anjing. Biasanya terdapat di bawah kulit atau dibeberapa organ dalam seperti hati, limpa dsb. Tumor yang diderita Snoopy termasuk grade I karena dengan mudah dan jelas bisa dibedakan dengan jaringan sekitarnya yang sehat. Jika akag sulit dibedakan dengan jaringan sekitarnya, maka termasuk dalam grade II. Grade II jika tumor tidak lagi bisa dibedakan dengan jaringan sekitarnya.

Pada kasus Snoopy, terapi yang bisa dilakukan yaitu dengan pembedahan dan kemoterapi. Jika tumor sudah menjadi grade II dan III maka terapi bisa dikombinasikan dengan radiasi. Pada pembedahan tumor, maka jaringan sekitarnya yang normal harus ikut diangkat sebagian. Diikuti dengan kemoterapi menggunakan Prednisone yang mudah dan murah meriah. Beberapa obat yang biasa digunakan untuk kemoterapi yaitu Adriamycin ( injeksi ), Cytoxan ( oral), Vinblastine (injeksi) dsb. Obat-obat tersebut cukup baik namun harganya sangat mahal.

Prednisone diberikan selama minimal 2 bulan sampai 6 bulan. Selama menjalani kemoterapi pasien harus dikontrol dengan ketat, jika tidak muncul tumor baru pengobatan bisa dihentikan. Efek samping yang mungkin timbul adalah iritasi lambung.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Hallo dok, anjing saya memiliki benjolan di kakinya. Tp tidak seperti snoopy.
benjolan yg sudah keras seperti bola pingpong.
Sudah ada sebelum saya adopsi. Pemilik sebelumnya bilang itu hanya daging tumbuh.
Beberapa hari lalu, saya temukan ada benjolan di lehernya yang mengakibatkan sebelah mukanya membesar. Segera saya bawa ke dokter dan diberikan suntikan oleh dokter. Dan analisa dokter mengatakan benjolan di leher itu kemungkinan penyebaran virus tumor yg berasal dari benjolan di kakinya. Dan benjolan itu adalah tumor. Dan ada juga bintil2 kecil di sekujur badan anjing saya.
Beberapa hari ini muka anjing.saya sudah kembali normal. Tp pas saya pegang lehernya ada daging yg menggelambir.Menurut sepengetahuan dokter benarkah itu tumor?
Saya sangat butuh informasi yg lengkap dan apa saja yg harus saya lakukan
Terimakasih sebelumnya

Nathalia