Senin, 26 Januari 2009

Cherry Eye





Kondisi ini sering terjadi pada anjing. Yaitu keluarnya kelenjar air mata ( prolapsus ) yang letaknya diujung mata kelopak mata dalam, dekat hidung. Sampai saat ini belum diketahui dengan pasti penyebabnya.

Prolapsus kelenjar air mata akan menyebabkan iritasi dan infeksi. Kelenjar yang keluar akan berwarna merah dan semakin besar ( bengkak ).

Tindakan yang perlu dilakukan pada kasus seperti ini adalah dengan memotong kelenjar yang keluar atau mengembalikannya ke posisi semula ( reposisi ). Jika alternativ pertama dilakukan, anjing akan kehilangan kelenjar air mata dan resikonya matanya bisa menjadi kering. Diperlukan pemberian cairan tetes mata sebagai pelumas pengganti air mata.

Anjing harus dalam kondisi teranastesi total. Kemudian jepit pangkal kelenjar dengan arteri clamp dan potong bagian kelenjar yang prolapsus. Bekas potongan tidak perlu dijahit, karena akan mengiritasi mata. Biarkan arteri clamp menjepit agak lama agar pembuluh darahnya menutup. Berikan antibiotik berupa salep mata.

1 komentar:

nicolas mengatakan...

dok mohon pencerahan nya..anjing saya jenis kintamani..umur 4 bulan ada cherry eye nya kecil juga sih...

yg mau saya tanya selain operasi kan ada cara mengembalikan nya ke tempat semula...

bagaimana dengan obat2an apa ada obat yg bisa membantu???

mohon bgt pencerahan nya dok