Senin, 26 Januari 2009

Extrauterin Conception in Cat



Bagian uterus yang ruptur


Hamil diluar kandungan, itu barangkali yang sering kita dengar. Pada kucing memang ini kasus yang jarang terjadi. Pada manusia, biasanya timbul masalah sejak awal kehamilan. Anehnya kasus pada kucing kali ini dapat bertahan sampai akhir masa kehamilannya.

Si Marry, dibawa ke klinik karena sudah 24 jam kemaluannya mengeluarkan cairan dan tampak mengejan seakan mau melahirkan. Hasil pemeriksaan x-ray memang tampak gambaran 2 ekor tulang foetus. Anehnya gambaran batas cairan ketuban ( uterus ) tidak jelas. Maka diputuskan untuk segera dilakukan bedah caesar. Kami sama sekali tidak menduga ini sebagai kasus hamil diluar kandungan.

Begitu linea alba diincisi, langsung tampak foetus yang masih terbungkus placenta. Aneh, bukannya uterus yang tampak terlebih dahulu. Dan ternyata placenta tersebut menempel pada penggantung uterus. Foetus dalam keadaan utuh dan siap dilahirkan, namun sudah mati. Setelah ditelurusi, ternyata diujung uterus sebelah kiri ditemukan rupture, uterus robek. Inilah yang menyebabkan hemil diluar kandungan. Setelah ovarium dibuahi sperma, dia keluar dari uterus lewat jalan yang terbentuk oleh robekan uterus dan menempel di penggantung uterus.

Tidak ada komentar: