Selasa, 27 Januari 2009

Maserasi Fetus pada Kucing

Hasil foto X-Ray. Tampak gambaran serpihan Os Foetus dalam abdomen.

Salah satu kornua uterus dibuka. Tampak sisa-sia kulit & tulang fetus.
Kornua uterus yang telah diangkat. Tampak bagian ruptur di ujung proksimal uterus.

Desy, seekor kucing domestik berumur setahun terus menerus mengeluarkan nanah dengan bau menusuk dari vaginanya. Beberaapa bulan sebelumnya, Desy disuntik "KB" (oleh pemiliknya yang kebetulan seorang bidan ) setelah sehari kawin. Sekarang kondisinya melemah. Dua hari tidak mau makan. Hasil foto X-Ray menunjukkan adanya tulang belulang fetus dikedua uterusnya. Diagnosa kami menguat ke arah maserasi fetus. Tindakan yang emergency yang harus dilakukan adalah pengangkatan uterusnya.

Pemberian hormon progesteron (suntik KB) akan memperpanjang masa kehamilan pada kucing yang normalnya hanya 55 - 64 hari. Perpanjangan masa kehamilan akan berdampak buruk pada fetus. Fetus akan mati dan pelan-pelan akan diserap oleh tubuh. Namun kadang kematian fetus diikuti oleh adanya infeksi.

Saat tindakan bedah dilakukan, dari rongga perutnya banyak ditemukan nanah. Adanya nanah dalam rongga perut ini berdampak ikut menginfeksi rongga abdomen. Ternyata, uterusnya ruptur dibeberapa bagian. Bocornya uterus inilah yang mengantarkan nanah dari uterus memenuhi rongga abdomen.

4 komentar:

I LuV AniMaL mengatakan...

sekarang keadaan desy nya gmna DOK......apakah desy bisa sembuh ?DOK....maaf saya mw tnya,kucing saya petsy kan pernah di cesar,rencana sya,klo sya udh siap mental,sya mw kebiri petsy,yg saya mw tnya mungkin gak setela di cesar trus di kebiri peru tnya petsy akn tipis dan mudah robek,krna kan 2 kali dilakukan pembedahan.terima ksh sblmnya y DOK.......

Drh. Amir Mahmud mengatakan...

Alkhamdulillah, Desy sudah pulang. Mengenai Petsy, gak mungkin menipi perutnya, malah makin menebal, karena proses penyembuhan luka.Memang hrs siap dulu, krn bagaimanapun setiap operasi pasti ada resikonya walaupun itu sangat kecil.

FluffehPotats mengatakan...

Dok, saya mempunyai seekor kucing yang belum genap berusia setengah tahun. Beberapa waktu yang lalu kucing saya ini bertengkar dengan kucing dewasa. Terjadi luka pendarahan di perut dan rektum. Saya mencoba mengobatinya dengan antiseptik. Luka di bagian rektum sudah hampir sembuh, namun saya mendapatkan kesan bahwa kucing saya seakan-akan kesakitan untuk duduk dan buang air. Sedangkan luka di bagian perutnya membengkak dan berisi nanah. Beberapa hari kemudian, kucing saya berkelahi lagi dengan kucing yang sama. Luka di perut yang berisi nanah tersebut bocor, tetapi hanya mengeluarkan setengah isinya sebelum bekas luka mengering, dan setengahnya masih bersarang di perut. Di kota saya tidak terdapat satupun dokter hewan, tindakan apa yang bisa saya lakukan untuk perawatan di rumah Dok ? Ada lagi yang saya takutkan, saat luka nanah tersebut masih basah, saya tidak tahu apakah ada lalat yang menghinggapinya. Saya takut jika luka tersebut sampai berbelatung.

Lia w mengatakan...

Halo dokter. Mau tanyaa.. kalau kebiri monyet jantan apa bisa? Dan brp biayanya? Usia monyt nya 2 tahun tapi smp saat ini testikel nya baru berasa 1 kalau dipegang.. alasan sy mau kbiri karena dia galak bngt dok.. menggigit smua org drmh...

Terimakasih.