Senin, 26 Januari 2009

Tulang Ayam, Bahaya bagi Kucing




Kasus ini sering terjadi, terutama pada kucing. Tulang atau duri ikan nyangkut di tenggorokan. Biasanya yang sering menimbulkan masalah adalah tulang kepala ayam atau duri ikan yang lumayan besar jika dibandingkan dengan lubang tenggorokan kucing.

Kucing pasti berusaha selalu untuk bisa mengeluarkan benda asing yang nyangkut ditenggorokannya. Namun usahanya pasti sia-sia. Dalam kondisi ini kucing pasti tidak mau makan dan minum. Jika tidak ketahuan atau dibiarkan tentu akan menimbulkan infeksi.

Pada pemeriksaan awal biasanya benda asing tidak terlihat. Diperlukan pemeriksaan rongga mulut yang lebih dalam. Untuk itu diperlukan sedikit pembiusan agar lidah bisa ditarik keluar, dan pangkal lidah ditekan. Tarik kedua rahang atas dan bawah dengan menggunakan tali untuk memaksimalkan eksplorasi rongga mulut. Gunakan spatula atau sendok es krim yang terbuat dari kayu untuk menekan pangkal lidah.

Setelah benda asing terlihat dengan jelas, maka bisa segera diambil dengan menggunakan pincet. Berikan antibiotika untuk mencegah infeksi akibat luka tusuk disekitar tenggorokannya.

Tidak ada komentar: