Senin, 26 Januari 2009

Terapi Ozon 1

Setelah 1 minggu terapi

Sebelum terapi



Namanya Karpet, seekor kucing domestik jantan. Akibat berantem, kulitnya luka-luka. Ada luka robek di leher dan dada sebelah kirinya. Si karpet-pun segera ditangani oleh dokter hewan, kulit yang robek dijahit. Namun karena sebelum dijahit luka masih kurang bersih, maka terjadilah infeksi kulit. Jahitan otomatis tidak bisa tertutup. yang lebih parah lagi jaringan kulit yang kurang bersih dan terkena infeksi menjadi busuk ( necrose ). Necrose yang cukup parah terjadi dikulit bagian dada dan menyebarkan aroma yang aduhai. Necrose ini cukup lebar sekitar 8 cm, sehingga tidak mungkin untuk dijahit lagi dengan menarik tepi-tepi kulit yang masih sehat.

Hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan jumlah leucositnya sangat tinggi mencapai 25000, padahal normalnya maksinmal 19500. Untungnya nafsu makan masih bagus. juga kondisi umum tubuhnya relatif normal. Hal ini cukup membantu proses penyembuhannya.

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan memberikan tindakan membersihkan kembali luka-lukanya sampai benar-benar bersih. Bagian kulit yang necrose dihilangkan. Luka dibersihkan sampai sedikit berdarah, menggunakan cairan rivanol. Setelah yakin bersih luka di bagian leher diberi antibiotika dan dijahit. Sementara luka di dada diberi terapi OZON secara topikal dengan menggunakan Ozon Oil ( Ozon yang campurkan dalam minyak zaitun - oliv oil ). Kemudian luka ditutup dengan kassa steril dan dibalut perban / bandage. Obat lain yang diberikan yaitu antibiotika oral dan vit A 6000IU. Kassa penutup luka dibuka setiap 2 hari dan luka diberi ozon oil.

Setelah seminggu, infeksi sudah bisa dikendalikan. Jahitan di leher sudah kering. Sementara luka didada sudah tampak pertumbuhan jaringan baru. Tepian kulit mulai menyatu dengan otot. Hari ke-8 luka dibuka dan diberikan ozon oil setiap hari.

1 komentar:

Duchess Voureiandtz mengatakan...

dok, mau tanya
klo kitten bru beberapa hari kulitnya robek, hrs diapakan ya?
apakah sudah bsa dan hrs dijahit agar menutup?
ato ada cara lain?

robeknya krn terkena gigitan kucing yg lebih dewasa